28 Desember 2009

Surabaya, A New Hometown




gw cuman mau posting itu..
entah, setelah sekian lama ga idup di Jawa Timur, gambar ancur ini keliatan sangat lucu..
Settingnya kaya di keraton Jogja, si bapak juga keliatannya Abdi dalem..
tapi misuh2 gitu..
:))

ngomong2 tentang misuh-misuh --di dalam Bahasa Indonesia EYD--Ejaan Yang Diplesetkeun-- Misuh itu artinya Marah, bisa berarti Umpatan juga-- ade gw kemaren ngasih lagu hip hop jawa kasar pisan.. tapi lucu sih.. Jorok-jorok gitu.. (suka maen lumpur, red) pengennya sih gw posting juga, dan postingan ini resmi membahas EYD --sekarang Ejaan Yang Dipisuhkan-- tapi sepertinya kurang etis ya.. jadi bagi yang mau, silahkan minta via email saja (hayaaa.. tetep.. misionary)

Beh Teh Weh
Ga kerasa (boong! kerasa banget) udah sebulan gw idup di Surabaya.. Masih sedih sih harus jauh dari Bandung dan suasana Dago di malem Minggu.. Tapi disini malah jauh lebih rame.. hanya saja.. Panas.. -_-"

Dealing with so many new things.. Orang-orang yang etos kerjanya beda sama sebelumnya, bahasa yang gw pernah terbiasa tapi cukup lama gw tinggalin, just.. dialeknya yang gw ga bisa terbiasa.. masih risiiih.. hahaha.. in a good way..

As we know, Bahasa Jawa-Surabaya termasuk yang paling kasar diantara Bahasa Jawa di daerah lain. Apalagi kalo udah pake cuk cuk gitu kalo ngomong sama temen deket.. Gw inget banget waktu kuliah, jaman musim2nya ikutan Raka-Raki sama pemilihan duta wisata Malang, dengan panggilan Cak dan Ning (semacem Abang-None). Temen gw selalu menyapa dengan, "Woy vay.. kamu ngga ikutan duta wisata? Pemilihan Cak dan Cuk?" (Sori, cuma ilustrasi..)
kayanya sih kasar.. but it's hillarious..

Kata para sesepuh (halah)
Bahasa adalah akar budaya bangsa..

which means...

err..

yaa.. gitu deh..

J
aman belajar bahasa jawa, gw paling demen deh waktu ngafalin tulisan "Aksara Jawa" (replace all As with Os) Dan penyakit nya adalah, "Bisa nulis ga bisa baca" But it was fun :D paling ga kalo gw nyasar di Jogja gw masi bisa ngeja laah dikit2..

Barusan gw blog jumping nih, and i found something funny. Ada video pembelajaran Bahasa Suroboyo-an, Entitled "Grammar Suroboyo" kayanya sih ada beberapa episode, dan episode yang gw temuin berjudul "Mantab Jaya" Eager to know what is it.. *buffering*

Anyways,
this city has a wonderful history. Gw baru ngeh setelah baca majalah gift dari seminar-i-dunno-wat yang gw ikutin beberapa hari lalu. Setiap monumen (which is tens.. banyak banget) dan gedung-gedung tua punya sejarah yang luar biasa. Planning waktu dekat, gw mau foto2 pake toycam di setiap monumen yang ada disini.. Termasuk Monkasel :D udik.. biarin.. :p

That's all, folks.. Mood nulis lagi jelek.. deadline ketaaatt.. :frustrated:

KEEP GrEEN
and EXPLORE Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar