12 Januari 2010

Musik Indonesia, A Jeopardy

Malem sebelum gw nulis entry yang ini, gw mimpi aneh banget. Gw maen band, dan gw ngetop banget di kaskus. Yang ngetop band nya ceritanya, bukan gw. Cuman dulunya gw sempet masuk di program Bahasa waktu SMA, dan sempat mengenal majas parts pro toto, jadi ga masalah kalo gw mewakilkan nama gw untuk band yang sebenernya ngga eksis.

Maaf bahasa gw ketinggian.

Udah gitu salah pula..

Sempet pagi kemaren gw mantengin beberapa program musik, gara-gara RBT gw udah setaon lebih ga ganti, abis ini bakal otomatis di perpanjang. Jadi sebelum sms laknat itu (Nada dering anda telah diperpanjang hingga dua tahun lagi) datang, yang kemudian gw pasti ngomel-ngomel, ada baiknya gw tuning di program musik sambil nyari lagu lucu buat RBT.

Udah gitu gw teringat gosip Peter Pan yang katanya bakal berubah nama jadi Feather Band. Mungkin karena asalnya dari Bandung, jadi kalo orang Bandung ngomong kan jadi Pether Ben.. mirip-mirip juga dibacanya sama Peter Pan. Hiaaaa kenapa gak sekalian aja Bulu Band biar lebih macohh.. tar manggungnya saingan sama Silver Boys pake bulu bulu ayam..

Jadi alangkah mulianya jika saya mengungkap keanehan nama-nama band negri kita tercinta. Well.. to be honest gw ga terlalu suka musik indonesia. Bukan karena gw mau sok inggris dengan mendengarkan lagu-lagu latin. Cuman karena gw ga terlalu suka sekelompok laki laki bertampang garang dan berbadan stereg, pada pegang gitar yang ditempelin stiker skidrow atau sex pistol, dan menyanyikan lagu tentang kesedihan pria gahar yang patah hati.


9 nama band paling absurd
(menurut gw)

Kangen Band

sebelum lanjut, ada yang keberatan??

Ada beberapa yang menambahkan kata “Lubang” diantara kedua suku kata yang membentuk nama band ini. Jadi bacanya juga aga ga senonoh. Kangen Lubang Band. Tapi kita kan ga tau alkisah dibalik pencetusan nama Kangen Band. Dulu, vokalis band ini, Once (itu Dewa 19 mba.. ) oh maaf, saya lupa kalo once sudah pindah. Yah, vokalis ini sempet belajar bahasa inggris buat memperebutkan beasiswa ke Gundalajara. Secara ngga sengaja, dia menemukan sebuah passage pendek mengenai The Missing Band (Pita yang Hilang, bisa juga berarti Band yang Hilang). Karena merasa kata2 itu cukup gaul untuk nama barunya, kemudian dia langsung menterjemahkan ke dalam EYD.

Missing = Merindukan. Berasal dari kata dasar Miss yang berarti Rindu (Bukan peran Titi Kamal di sebuah sinetron di Indosiar, tapi memang kata rindu terdengar feminin) akhirnya tercetuslah penggunaan nama KANGEN yang terlihat lebih gagah. -_-‘


Hancur Band

Gw ga pernah tau apakah mereka sehancur namanya, tapi beberapa testimoni menyatakan afirmatif. Tapi gw cuman membahas nama, sayangnya (dalam hati sudah ingin memberikan cacatan). Kalo kata orang, nama itu doa. Dan kalo Hancur Band diibaratkan nama buat anak, what do you get? Kalo cewe dikasih ama Nista, kalo cowo dikasih nama Hina. Lagu mereka "Tuhan, Aku Pengen Jadi Artis" kalo ga salah judulnya, akhirnya menjawab kenapa seharusnya mereka ngga meminta yang satu itu.


Garnet Band

Suwer pertama kali gw denger, gw pikir namanya Kornet Band. *Garuk2 kepala* aduh.. gw ga tau lagi deh sama yang ini. Gw ga pernah denger lagunya, tau namanya aja begah..


Warteg Boys

Omigodd -_-‘ dunno wat to say. Mo ngikut si mbah surip yang kental dengan aksen jawa, meureun. Tapi yang ada malah aksen tegal.. Ups, namanya juga Warteg. Stands for Warung Tegal. Warung tegal terkenal merakyat (read: banyak pilihan dan murah). So.....

And anyways, waktu maksi bareng senior designer gw dan kebetulan ada lagu yang "Okelakalobegetoh" itu diputer, desyeu (yang pendiam dan sangat dingin) tiba2 nyeletuk.. "Orang Indonesia makin tidak kreatif saja" mhahaha.. jadi gw dapet dukungan nih jadi oposisi..


Hijau Daun

No comment. Yang jelas besok besok gw punya ide buat bikin nama band kaya ini. Merah Darah, Biru Langit, Putih Tulang.. Thanks to the band yang sudah memberikan begitu banyak kemungkinan varian.. jadi inget toko kain.. ato toko cat..


The Nasib

Oh, maaf.. itu D’Massive..


Putih Band

Awalnya namanya DRAFT, tapi berhubung ga komersil, digantilah jadi PUTIH Band. Errrr.. so sad but true. Kaya iseng doang bikin band. Mungkin terinspirasi sama Ungu kali ya.. (Purple Band)


Tani Madjoe

Read: Tani Maju. Aneh namanya, tapi masuk kalo diliat dari background personilnya yang semuanya mahasiswa pertanian. Lagunya.. oke sih.. Gw paling demen “Castol”

Konsepnya mirip Project Pop yang bikin lagu Serius dengan ga serius


TRUFF

*wink wink* vokalisnya ganteng, model si Evan Sanders, dengan brewok yang abis dicukur dan terkesan seksehh abiss.. Lagunya super mellow, ga match dengan jaket kulit dan bodi keker. Waktu di tanyain si host, “TRUFF apaan sih?” Si vokalis ganteng menjawab, “Itu singkatan..” Si host nanya lagi, “Wah, singkatan apaan?” Si ganteng jawab, “True Friends Forever” GUBRAGGG!! Seketika reminds me of teenage girls screaming, “We are BFF!!” di film-film remaja amrik sambil berpelukan. Ga jadi kebayar deh pake tampang ganteng..


Udah ya? 9 Kan??
Nanti aklo ada tambahan band aneh lain, gw apdet lagi..
lol.. i know, it's another useless post..


Keep writing..
Keep up the good work..
KeeP GreeN

and EXPLORE Indonesia

6 komentar:

  1. asbak band. lagunya sering distel sama om glen (tezar baru) dengan maksud iseng, tapi hal itu membuat kami migren seketika T_T
    secuil liriknyah: aku bisa membuatmu cinta kepadaku

    tuh kan baru aja nanya liriknyah ke om glen, udah langsung mau diputer lagunya >_<

    BalasHapus
  2. Wah kontribusi yang sangat berarti.. ada lagi mungkin?

    terimakasih visitasinya.. (pura2 baru kenal)

    BalasHapus
  3. Haha lucu juga :P ternyata ad yg mikirin tuh nama band yg aneh"
    kalo ngomong nama adalah doa gimana dgn kuburan band dan Cong Band (di baca BandCong) :P

    BalasHapus
  4. Salam kenal orang gila (aduh.. meuni manggilnya ga enak)

    hah? serius ada yang namanya Cong band????

    kunjungan balik yaa

    BalasHapus
  5. Jadi kepengen juga bikin band. Namanya Kaleng Kerupuk Band atau ga Panjat Pinang Band. Kalau personilnya pada bubar trus bikin band baru, bakalan jadi Panjat Kerupuk Band.

    BalasHapus
  6. Tapi lu pada ngepens kan?
    *kaburrrrr*

    BalasHapus