30 Oktober 2009

Reality Show, A Doom of Indonesian TV Programs

Morgen fellas.. semangat posting pagi ini,


Was watching too much TV these days, staying tune on TV dari sore sampe malem. Dan yes, mantengin acara-acara ga jelas. Sekitar 5-6 jam dari jam 3, acara TV-TV swasta yang ada cuman Infotenmen, Infotenmen lagi, Reality Show, another Reality Show, Sinetron, Sinetron, Sinetron lagi. Sinetronnya ceritanya sama. There’s a good girl, yang miskin, miskin abiss.. ketemu dan jatuh cinta sama cowo super charming yang kaya, dan punya emak jahat tipikal step mother dongeng-dongeng disney, yang juga punya anak cewe yang super duper hiper kejam and they make a good combo dalam menggagalkan drama cinta cewe miskin dan cowo kaya.


One thing inspired me, ketika kemaren gw nonton reality show. Yeaahh random.. tipikal reality show yang cuman cari sensasi. I know i sound corny for watching such show.. tapi kemaren gw bener-bener butuh nyacat sesuatu.. dan gw nemuin reality show ini.


Gw lupa apa judulnya, tapi sekitar jam setengah 4 sore gitu lah..


I dunno what happen to national TV lately. Tapi acara yang ada terkesan sangat maksa. Maksa buat dapet penonton. Maksa buat dapet rate. And that stupid reality show, i’m sure, emang bukan cuman terkesan, tapi emang sengaja dibikin-bikin--like the rest of Katakan Cinta, Playboy Kabel, and watsoever.


Come on, mana ada sih orang yang ngomong “Papah gueh ninggalin gueh uang beberapa milyar buat gueh kuliah” literally in public? Nangis nangis bombay tapi ngrengek doang matanya kering, bilang, “Mamah gueh ngapain di dalem samah abegeh ituh. Gueh gagh terimah mamah gueh selingkuh samah bocahh” ato apapun yang dia bilang lah.. Gw ga bisa mendengar dengan jelas bahasa alay kelas dewa macam itu.. Ga tau juga dia beneran ngomong apa cuci piring. Suaranya mirip sama kalo lu coba ngomong bahasa Uzbekistan dan Barbados secara bersamaan sambil kumur aer rendeman koyo cabe..


Dan reality show untuk nyari ibu tiri buat Al-El-Doel, come ooonn... apa pentingnya acara giniann? Penting buat Ahmad dani untuk mencari selir atau sekedar mencari berapa banyak wanita yang menggila-gilainya (Screaming, “Gilaaaaa!! Gilaaaaa!!!”) yang bersedia tampil di acara murahan macam ini. But hey, apa pentingnya buat kemaslahatan para penonton yang menyediakan waktu 1 jam dalam hidup mereka tuning on the show, dikalikan banyaknya episode yang ditayangkan?


Have they ever heard of the Oprah Winfrey atao Ellen DeGeners’ shows?

Dear pengelola TV swasta, gw ga bermaksud membandingkan tv show kita dengan tv show dari STAR, Discovery, yadayada.. We got really different mindset though, dan mereka bisa meng-compose sebuah acara yang bagus karena mereka ngga lagi mikir makan. Dan karena i know we still live from hand to mouth, please just make a good program. Dimana para penonton bisa mendapatkan sesuatu setelah mereka menonton acara dari TV yang anda kelola. And no, saya tidak sedang mengharapkan jawaban “Demo Masak!”.. We need more than that.


We have teens and kids. So just help your viewers pick the right show for their juniors too. RCTI Oke, TRANS TV Milik Kita Bersama, SCTV Satu Untuk Semua.. Come on man, you dont say those slogans for shit.. Work with it!


Forgive me for not staying in touch in national TV, tapi emang waktu di Bandung kemaren gw dimanjakan dengan TV kabel yang sebenernya ditujukan buat mengakomodir keponakan kecil gw buat nonton cartoon network, disney channel, atau nickelodeon sambil dia belajar bahasa inggris. Tapi yang ada malah saban hari gw tongkrongin buat nonton discovery channel dan national geographic, watching how zebras are exactly have diferent black and white stripes, atau gimana paus biru is actually breeding.. Sepupu gw emang beda status sosial sama gw lah, makanya dia juga maklum kalo gw kampung ngliat TV gede, ato kulkas dua pintu..


Well, tapi sekarang that giant wide screen TV sudah dipindahkan ke kamar sepupu gw, and they left nothing in living room unless old FM radio dan setrikaan. Good for me, hellooow.. reality...


Di Malang, gw tinggal di peradaban kuno.. let along TV kabel.. radio aja susah nyari sinyalnya.. jalan masih blon di aspal.. ABRI pun blom masuk.. But i love this place so much.. Akhirnya bisa siap mental buat kembali kesini. Somehow my messy room could be the heaven on earth.. kamar mandi tua di rumah berasa the best bathroom ever.. sweet smell of home..


Pertama kali niat ngeblog setelah didera krisis otak berkepanjangan.. dari kemaren lagi konsen di depan komputer, ngedit logo, bikin slogan buat kerjaan pribadi.. will launch it soon. Karena sekarang gw bakal kerja sendiri, so i think punya slogan sebagai identitas diri will work, i guess.. **casting spells.. saying prayers.. crossing fingers**


Okay, mijas.. time to go.. but before leaving the page, welkum back Momo with the new bombastic blog..


Keep Green..

Selamat Hari Blogging Nasional

On 27th October

7 komentar:

  1. tv kita memang mengejar rating.... jadi matikan saja tv-nya lebih baik main mafia wars atau farmville aja yuks :)

    atau ngoprek ubuntu, dan yang paling penting KERJA !!!

    BalasHapus
  2. @paddi makasih udah mampirr :D/

    @rio, emang rating itu bisa dipertanggungjawabkan kah hasilnya? Kayanya bagus tuh buat usul ke infokom. Meniadakan tv rate :p

    BalasHapus
  3. So far, ni tulisan lo yang kalo boleh gue bilang "Mengguncang Dunia, Menggugat Iman" (Ceilah, udah kayak Dan Brown aja)

    And u did it, keren banget, sumpah vai, gue ngerelain harga diri gue tercabik - cabik buat muji elo.

    Baru baca dooms nya aja gue langsung kebayang film doomsday yang dimana ngebuat suatu visualisasi kayak ledakan dan suara DOOOOMMS..

    Heran, gue schizofren kali yak?

    Emosi lu nyampe, congrats, bagi2 ilmunya dong (santet, pelet, dsb)

    BalasHapus
  4. @momo shud I feel flattered?? Haha.. I am flattered if the compliment comes from you, mo.. *ngrayu *wink *wink

    Sori, bikinnya pas lagi PMS, jadi ga bisa bcanda.. As you say, emosi gw nyampe.. Emosi ga punya kerjaan lain selain nonton tv T_T

    BalasHapus
  5. bener banget yg di bilang momo..hmm for d 1st time gw salut vay hahhahah....postingan lo ngena banget deh kalo gw pemilik st.tv lokal tuh..suicide endingnya.
    "so i think punya slogan sebagai identitas diri will work, i guess.. **casting spells.. saying prayers.. crossing fingers**"manthabbb vay..

    BalasHapus
  6. yeah! bisa komen!!!!!

    bener, vit, acara TV sekarang parah2! kayak acara reality show SCTV yg isinya 4l4Y semua tuh, dikit2 marah, dikit2 gelut. Pantesan anak sekolahan sekarang pada brutal. contoh: geng n3R0 4L4y3r

    BalasHapus