25 April 2010

JOGJA DAYS : The Arrival


Hampir end of April, dan gw belum sempet menorehkan curhatan gw disini..

banyak yang pengen gw ceritain sebenernya, more like what i do..

cuman emang susah ngatur waktu. 48 hours work in a week isn’t easy..


But well, here i am.. Di tempat kerja baru, lagi.. yang ke 2 tahun ini, dan ke 4 dalam 3 tahun terakhir.


Tepat tanggal 14 April 2010 kemaren, tiba2 gw dipanggil sama koordinator gw ke kantornya. Sekalinya gw disuruh berangkat ke Jogja malem itu juga. Well, mengingat umur gw yang belom genap 10 hari di tempat kerja gw yang baru itu, rasanya surga banget. Dari taon baru kemaren gw dying pengen menikmati suasana Jogja. Tiap hari ngayal kapan gw bisa ke Jogja lagi, setelah terakhir gw kesana taon 2006.. MASEHI ya, tolong.. dan diarak pake rombongan andong keliling Jogja. Dan tepat ketika malem sebelomnya gw ngayalin rencana ke Jogja, besok sorenya gw disuruh mengamati jalannya event yang ada disana.


BERANGKAATTT!!!


Setelah cuma 3 jam gw persiapan bawa ini itu, jam setengah 6 gw berangkat juga bareng koordinator gw yang ngakunya ganteng dan mempesona, Aziz. Duduklah kita di kereta,


Percakapan kampung I

Azz: Keretanya enak ya..

Me: Iyaa..

Azz: eh eh.. tapi kok kursinya muter-muter gini?

Me: Eh.. iya.. enjot2an..

Orang yg lewat yang terlihat sudah sangat ahli dgn kursi kereta eksekutif: Mas, itu pedal bawahnya dikebawahin dulu biar ngga muter..

Azz & Me : ooohh...


Dan Aziz pun nungging2 sambil neken pedal yang harusnya bisa diinjek..


Gw sama dia pun memulai pembicaraan dari event2 kantor sampe bokin. Amazed dengan grafis sajian makanan yang ditampilkan di tv (yang biasanya KATv) mengenai sajian2 makanan yang bisa dipesan di restorasi.. ada semangkok bakso yang lompat lompat.. sepiring nasi goreng yang berputar-putar.. benar benar sebuah kreasi yang sedikit memaksa..


Tapi Coord. gw tetap memberikan pendapat yang miris.. “Eh, tapi dia niatnya baik lhoo.. menginformasikan fasilitas kereta lewat tv..” yang rasanya pengen gw tambahin, “..dengan cara yang salah.”


Belom lagi lagu-lagu yang diputer. Ga tau deh sapa yang nyanyi.. Dan jauh lebih keren dan everlasting dari dari ST 12 pokonya. Liriknya kira-kira gini, “ Sudah bilang sayang, ternyata hidung belang.. Sudah bilang cinta, ternyata kau buaya.. Sudah bilang rindu, ternyata kau penipu..” WHAT A RHYME! Dan dinyanyikan dengan nada dan ritma Betharia Sonatha..


Ga lama ada petugas yang bagi2in selimut. Nampak hangat dan bersih abis dari londrian yang suka dibungkus2 plastik itu nah.. Dengan tampang curiga akan kapitalisme terselubung, kami memandang sang petugas dengan “I don’t need that” look, meskipun AC kereta lumayan bikin begidik. Begitu juga waktu petugas dateng bawa mangkuk2 sajian steak dari gerbong resorasi. Mereka tiba2 aja maen bagi2in ke penduduk (orang-orang yang duduk) tanpa nawar2in lagi. Melihat tampilan sajian steak diatas piring besar dengan garnis-garnis cantik, yang tampak sangat kontras dengan fasilitas makan kereta yang biasanya lebih mirip dengan ransum penjara, kami pun kembali menolak dengan tatapan, “Ini pasti bayar.”


Setelah tidur, gw sama Aziz sampe juga di Jogja sekitar jam 11 malem. Dijemput sama temen setelah kita bedua sotoy nyebrang2 rel stasiun buat nyari jalan keluar, padahal akan lebih mudah nyari pintu keluar kalo kita ngga pake nyebrang 4 jalur rel dengan tangan penuh barang bawaan. Jalan keluar nya cuman tinggal beberapa langkah dari kita turun kereta tadi..


One thing to learn, pelayanan kereta sudah ngga ikhlas lagi (halah). Ga ada fasilitas makan kaya terakhir gw naik kereta eksekutif dari Bandung ke Surabaya. Dan ga adilnya, petugasnya maen ngasih2 makanan aja, ga lagi pake nawarin.


Buat orang2 yang ga tau, pasti mereka ho oh-ho oh aja tiba2 dikasih makanan, hampir ngga tau dan lengah untuk nolak karena makanan langsung disodorkan ke pangkuan mereka, dikirain fasilitas gratis dari kereta. Padahal si petugas cewe nyatetin nomer kursi mereka buat ngasih tagihan nantinya. Belom lagi harga makanan di kereta kan kapitalis..


Here it Goes, Jogja.. Finally i smell you


Keep Green and EXPLORE Indonesia

Next Chapter, Jogja Days: Photo Parade.

2 komentar:

  1. Wah senangnya ke jogja ^^

    Terakhir kali gw ke jogja adalah pas karya wisata waktu kelulusan SMA yang mana pas kelulusan SMP juga gw karya wisata ke sana T.T

    Tapi, emang gak nyesel, suka pisan sama suasana malioboro pas waktu malem..

    Ditunggu vay next chapternya yang photo parade..

    Gw nebak foto2 lu adalah foto2 narsis di depan salah satu patung singa di candi borobudur yang gak ada kepalanya, dan kepala lu dengan pose nyengir lebar ngegantiin kepala tu singa, which is hampir semua temen gw punya foto seperti itu

    dan... gw sedih, gw gak punya heheheh....

    BalasHapus
  2. Penjual: Nasi goreng, Pak?
    Gw: Pake apa?
    Penjual: Pake telor.
    Gw: Boleh deh.

    *30 menit kemudian

    Penjual: 9000, Pak.
    Gw: Untuk apa?
    Penjual: Nasi goreng yang tadi.

    Kejadian di atas adalah kisah nyata, bukan fiksi. Itu waktu masih polos-polosnya naik kereta. Ga tau kalo semua yang disodorin (kecuali permen/tisu basah) itu wajib dibayar.
    Video klip? Emang ga jelas banget :p

    BalasHapus